Siswa SMKN 60 Sabet Juara 1 LCKR Bogasari 2016

Pie ..Ya Brow (Pie Soya dengan isi Brownies), adalah karya 2 pelajar SMK Negeri 60 Jakarta yang berhasil menyabet Juara I Lomba Cipta Kreasi Resep (LCKR) Bogasari 2016. Selain citarasa yang enak, produk yang mereka buat juga kaya dengan vitamin. Karenanya resep yang mereka ciptakan ini mengandung tema makanan yang trendi, sehat dan bergizi.

Mereka adalah Rana Muthighaida dan Bella Sulistia yang kini masih duduk di bangku kelas 2 SMKN 60 Jakarta. Wajah mereka tampak bahagia bercampur haru saat namanya diumumkan sebagai Juara 1 LCKR Bogasari 2016 yang berlangsung di SMKN 37 Jakarta, Senin (29/8).

“Kami menciptakan makanan yang mampu memenuhi selera pasar dan brownis yang juga sedang menjadi tren dengan varian rasa yang unik. Jadi, dengan memakan produk kami orang tidak perlu khawatir akan penyakit dan bisa menikmati dengan aman dengan rasa yang enak dan varian yang kekinian (Matcha, Snow White, Red Velvet, dan Coklat),” ucap Rana dan Bella sembari tersenyum. Dalam presentasinya di hadapan dewan juri, sasaran pembeli dari produk Pie ..Ya Brow ini adalah kelompok anak-anak hingga dewasa.

Sheila Aryyani, Asisten Manajer Product Group Bogasari, lomba untuk kalangan pelajar SMKN ini dalam rangka mendorong pertumbuhan industri kreatif baik dalam sektor jasa maupun barang/produk khususnya di kalangan anak muda.

“Dari evaluasi dewan juri, ternyata anak-anak SMK sekarang punya jiwa entrepreneur yang sangat tinggi. Saat memilih resep yang akan dibawakan dalam lomba, tidak sekadar melihat dari citarasa, tapi juga aspek healthy, siapa calon pembeli atau pasar yang tepat, potensi bisnis, dan harga jual. Ini sangat membanggakan, karena mereka masih baru duduk di bangku SMK,” ucap Sheila selaku Ketua Pelaksana LCKR Bogasari 2016.

Sementara itu, Juara 2 diraih Vivi Sosiah dan I Kadek Tirtawardana dari SMKN 30 Jakarta, Vivi Sosiah dan I Kadek Tirtawardana dengan resep Bean Coconut Pandan Cakes. Pemilihan kreasi cake dengan bahan kacang hijau ini karena sangat menarik dan unik serta jarang ditemui. Selain mengandung banyak vitamin, kacang hijau juga mudah didapat dapat sehingga memudahkan dalam proses pembuatannya.

Sedangkan gelar Juara 3 LCKR Bogasari 2016 diraih siswa SMKN 32 Jakarta, Muhammad Fiqri Amarullah dan Maftuh Inayah dengan kreasi Violet Opera. Inovasi dari kreasi resep ini terletak pada butter cake, karena opera yang biasa di pasaran mengunakan bubuk almond yang sangat mahal. Berbeda dengan Violet Opera yang mereka buat, penggunaan bubuk almond justru dikurangi.

“Tujuannya agar bisa dijual dengan harga yang lebih murah dan dapat dinikmati kalangan masyarakat menengah ke bawah, tapi tetap dengan rasa yang enak dan wah. Keunikan lainnya pada base cake-nya ditambahkan Violet colour dan ekstrak talas yang menambah cita rasa khas dari Violet Opera,” jelas Fiqri.

LCKR 2016 untuk DKI Jakarta ini berlangsung Senin (29/8) di SMKN 37 Jakarta Selatan, mulai pukul 09.00 sampai 16.00. Ada 20 siswa dari 9 SMK dari DKI Jakarta yang lolos seleksi mengikuti LCKR Bogasari 2016 ini. Kesembilan SMK tersebut adalah SMKN 27, SMKN 30, SMKN 32, SMKN 37, SMKN 38, SMKN 57, SMKN 60, SMK Sahid, dan SMK Santa Maria. Adapun resep yang dibawakan para peserta tergolong unik. Seperti Bean Coconut Pandan Cakes, Black Soba Mie With Sambal Matah & Chicken Roll Bumbu Bali, Violet Opera, Sweet House of Roll Cake, Red Fruit Dragon Pie, Pokepao, Pie Soya Browniez, Mie Hijau Sehat, dan Banana Choco Cake.

Para juara LCKR Bogasari 2016 ini mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 5 juta untuk juara 1, Rp 4 juta untuk juara 2, dan Rp 3 juta untuk juara 3. Ditambah sertifikat dan bingkisan berisikan aneka produk Bogasari dan sponsor dari Mero. LCKR berikutnya akan berlangsung di Bandung (28 September), Purwokerto (13 Oktober), Bogor (22 Oktober), dan Cirebon (27 Oktober).

“Nanti para juara 1 dari setiap kota ini akan mengikuti Final LCKR 2016 di acara Bogasari Expo yang akan berlangsung bulan Desember 2016 di Jakarta. Dan para juara di tingkat nasional kembali mendapatkan hadiah uang tunai, masing-masing senilai Rp 7 juta untuk juara 1, Rp 6 juta juara 2 dan Rp 5 juta juara 3.

“Lewat Lomba Cipta Kreasi Resep Bogasari 2016 ini, diharapkan akan lahir lulusan SMK Jurusan Tata Boga yang tidak hanya siap bersaing di dunia kerja, tapi juga siap untuk menjadi pelaku usaha di sektor makanan,” kata Sheila. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *