Sekolah Adiwiyata

Adiwiyata merupakan program terhadap sekolah mewujudkan program terhadap sekolah berwawasan dengan peduli lingkungan (Sekolah Berbudaya Lingkungan). Adiwiyata mempunyai makna “Tempat yang baik dan ideal dimana dapat di peroleh segala ilmu pengetahuan dan mempunyai norma suatu etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita-cita pandangan yang berkelanjutan”.

Kebersihan sekolah merupakan salah satu faktor pendukung dalam menuju kegiatan belajar dan mengajar (KBM). Pola hidup bersih dalam pendidikan ke peserta didik sangat memberikan dampak positif terciptanya lingkungan belajar yang harmonis, bahkan dengan kondisi sekolah yang berbudaya lingkungan dapat melahirkan semangat pembelajaran yang baik pada siswa. Hal ini lah terus di gelorakan oleh manajemen SMKN 60 yang berlokasi di kawasan Jakarta Barat.

Tak dipungkiri, setiap tahunya menjadi langganan titik adipura oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat. Terlebih lagi sekolah yang terkenal favorit dari akademik maupun non akademik terpilih dan mewakili Jakarta Barat lomba Adiwiyata ketingkat Provinsi, bahkan rencananya ke depan ke tingkat Nasional.

Sekolah yang dipimpin oleh Hj. Ida Saidah, M.Pd telah menciptakan kondisi sekolah yang ramah lingkungan dan berbudaya. Mulai dari warga sekolah tidak diperkenankan merokok, pembuatan taman, serta selokan air yang panjangnya 30 meter merubahnya menjadi selokan membudayakan ikan seperti ikan lele, ikan nila dan lele.

Lingkungan area sekolah SMKN 60 secara fisik sangat berbudaya lingkungan,sehingga bagi pengunjung sangat betah bila berkunjung ke sekolah yang asri ini.

Menurut Sukadi Wakil Kepala Sekolah SMKN 60, bagian sarana dan prasarana menjelaskan pihaknya dalam rangka lomba adiwiyata telah mempersiapkan dari dokumentasi,visi dan misi sekolah,sarana secara fisik yang memadai.

”Kami juga mengucapkan terima kasih kepada warga sekolah dari mulai Kepala Sekolah,Guru, Kepala Tata Usaha,serta karyawan yang terus memberikan semangat serta menjaga lingkungan yang berbudaya,sehingga sekolah ini mampu mendapatkan sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi dan tahun 2017 menuju nasional,” urai Sukadi.

Lebih lanjut sukadi mengatakan pihak sekolah selalu mengedepankan kualitas yang unggul dan inovasi sehingga mereka peserta didik berguna di mata masyarakat. Disamping itu kata Sukadi, sekolah SMKN 60 menanamkan rasa kekeluargaan.

“Kami selalu menjalin keharmonisan dengan warga sekolah agar terciptanya pendidikan yang berkualitas.Adiwiyata bukan meraih untuk perlombaan namun merupakan kebiasaan semua warga sekolah untuk berpola hidup bersih dan sehat,” pungkas Sukadi. (DD)